KESESUAIAN CAHAYA DENGAN UKURAN AQUARIUM

Artikel sebelumnya di blogikan ini adalah
------------------------------------------------------------------------
KESESUAIAN CAHAYA DENGAN UKURAN AQUARIUM

Ukuran Aquarium air laut sangat penting untuk diperhatikan dalam setting up aquariaum anda. Karena aquarium merupakan hal yang paling utama untuk memelihara ikan hias air laut agar ikan sehat dan tidak gampang mati.


Berdasarkan pengalaman para ahli aquarium laut terkemuka, volume aquarium air laut yang ideal minimal adalah 55 gallon ( 55 gallon x 4 liter = 220 liter ). Dimensi ukurannya, panjang 70 cm x lebar 50 cm, x tinggi air 60 cm. Untuk ukuran yang ideal untuk kapasitas 55 gallon adalah panjang 70 cm, lebar 50 cm dan tinggi air 60 cm ini.

Ruang antara permukaan air dengan batas atas akuarium sebaiknya sekitar 10 cm.Untuk mendapatkan volume akuarium dengan kapasitas 55 gallon, anda bisa membuat ukuran dengan dimensi panjang 90 cm, lebar 60 cm dan tinggi ( air saja ) 40 cm. Ukuran yang lain dengan kapasitas sama, panjang 90 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 60 cm. Dengan panjang 100 cm, lebar 45 cm dan tinggi air 50 cm juga menghasilkan kapasitas sekitar 220 liter ( 55 gallon ).

Hal Yang perlu diperhatikan juga adalah tata pencahayaan Akuarium laut, apalagi aquariuam yang banyak karang hidup ( corals reef ) perlu tata cahaya yang bagus. Pencahayaan ini bukan saja pada intensitas cahaya saja, tetapi juga bagaimana penyebaran cahaya secara merata pada aquarium.

Bila panjang akuarium anda 70 cm, pencahayaan terhadap akuarium anda diharapkan baik/sempurna dengan sistem penerangan bola TL standart ( Standart Fluorescent Tubes ), anda tentu mempergunakan bola 20 watt yang panjang bola ( tube ) nya 24” atau 60 cm. Artinya, ukuran panjang akuarium 70 cm, dapat diterangi secara menyeluruh ke seluruh sudut akuarium dengan satu bola ( tube ) TL ( Fluorescent ) 20 watt. Bila anda memperpanjang ukuran akuarium anda mencapai 90 cm dan bahkan 100 cm, tentu saja dengan tube TL 20 watt tersebut, bagian sebelah kiri dan sebelah kanan akuarium anda kurang mendapat penyinaran. Sehingga koral, alga yang diharapkan tumbuh di daerah tersebut akan terhambat. Uraian ini tidak berarti, akuarium anda dengan ukuran panjang 70 cm, lebar 50 cm dan tinggi air 60 cm cukup dengan satu tube TL 20 watt. Masalah persyaratan penyinaran akuarium laut akan kita sampaikan pada artikel lainnya.

Ukuran akuarium sangat mempengaruhi perangkat-perangkat keras yang akan kita gunakan. Semakin besar kapasitas akuarium kita, semakin banyak perangkat pendukung yang kita perlukan. Kita juga tidak perlu mempergunakan peralatan filter yang terlalu besar dan mahal. Cukup memasang filter dasar ( undergravel filter ) dan Filter Biru ( Mekanikal & Chemikal Filter ) saja sudah cukup. Lalu boleh di tambah satu aerator saja. 

Bila akuarium anda, ukuran panjang mencapai 150 cm, lebar 60 cm dan kedalaman air 60 cm, anda jangan kaget, kita memerlukan 6 tube TL ( fluorescent ) @ 40 watt. Dengan 4 tube actinic violet dan 2 tube actinic putih. Jadi kita memerlukan konsumsi listrik 6 x 40 watt = 240 watt. Hanya untuk penerangan saja. 

Sistem penerangan yang saya jelaskan ini, masih persyaratan sederhana/minimal. Kondisi penerangan ini belum tentu optimal untuk kehidupan akuarium laut anda. Selain itu, akuarium yang besar juga memerlukan perangkat filter yang lebih baik dan kapasitasnya juga harus besar, demikian juga perangkat-perangkat pendukung lainnya seperti calcium reactor, chiller, dan lain-lain.

Satu hal yang pasti untuk menekuni hobi aquarium air laut ini, anda akan menjadi ahli dalam bidang kimia, biologi, ekologi, fisika, dan elektronika.