TAKARAN MAKANAN IKAN HIAS KOI


Artikel sebelumnya di blogikan ini adalah

KESESUAIAN CAHAYA DENGAN UKURAN AQUARIUM
AQUARIUM AIR LAUT DAN CARA PERAWATANNYA
PESONA AQUARIUM IKAN HIAS AIR LAUT
TAKARAN MAKANAN IKAN HIAS KOI
INFO AKUARIUM AIR LAUT
LANGKAH MEMPERSIAPKAN AQUARIUM AIR LAUT
------------------------------------------------------------------------
INFO IKAN HIAS:TAKARAN MAKANAN IKAN HIAS KOI
Satu perihal yang cukup mutlak didalam memperoleh ikan koi yang baik serta indah yaitu factor makanan tak hanya dari factor lain layaknya genetik, situasi air musti jernih, kepadatan ikan didalam kolam dan sebagainya. Makin baik mutu pakan koi makin meningkatkat mutu koi, mutu perkembangan serta kecemerlangan warnanya. Pakan ikan koi yang baik mempunyai kandungan nutrisi serta gizi yang cukup untuk perkembangan koi. Walau demikian umumnya pakan ikan koi yang mempunyai kandungan gizi yang baik cukup mahal harga nya. beberapa hobist menyebutkan sepanjang ini pakan yang mutunya bagus tetap mesti diimport hingga harga nya jadi lebih mahal dari pakan lokal. apakah pakan import selamanya baik untuk kita serta koi ? bila menurut saya menurut masukan dari sebagian hobis yang memiliki pengalaman tidak selamanya demikianlah.



Pakan yang mahal serta kandungan gizinya tinggi belum pasti pas untuk koi kita. Apabila koi kita datang dari genetik koi biasa-biasa saja, walau diberi makanan koi yang bernilai mahal pasti akhirnya tidak sepadan dengan cost yang perlu dikeluarkan. Yang lebih pas yaitu menyesuaikan makanan koi dengan kelas koi yang kita punyai.Misalnya anda harus memastikan pada makanannya memiliki kandungan "Spirulina", spirulina ini sangat baik menjaga warna ikan anda. Apabila koi kita kelas kontes maka telah sewajarnya apabila kita berikanlah pakan dengan kandungan nutrisi yang baik, namun bila koi kita kelas kolam maka berikan pakan dengan mutu nomer satu percuma saja. Maka yang terutama yaitu menyesuaikan mutu koi dengan pakan, bila tidak mau kantong kering dikarenakan beli makanan koi yang terlampau mahal, walau itu boleh-boleh saja,

Fungsi makanan koi
Tak hanya mempunyai fungsi selazimnya makanan ikan lainya yakni untuk perkembangan, ketahanan tubuh, pakan koi mempunyai fungsi untuk mencemerlangkan warna ikan. dikarenakan koi yaitu ikan hias maka warna yang cemerlang adalah tujuan tersendiri didalam pemberian pakan. walau factor yang mencemerlangkan warna koi tidak hanya makanan, namun makanan mempunyai peran yang cukup mutlak. hal penting yaitu keturunan.

Zat-zat makanan yang dibutuhkan untuk perubahan koi diantaranya
  • protein serta asam amino adalah sumber alami untuk memaksimalkan perkembangan.
  • carotenoids ( warna alam enhancers ), spirulina adalah sumber makanan yang efisien untuk pewarnaan pigmen.
  • krill ( shrimp meal ), sumber alam b-carotene & astaxanthin untuk pigmen merah.
  • alfalfa meal – alam sumber pigmen kuning.
  • marigold extract – natural colorant dikarenakan warna merah-oranye.
  • vit. a, d, e, k, b1, b2, b6, b12, biotin, choline & asam folic.
  • vit. c – menjaga sistem kekebalan untuk menambah daya tahan penyakit.
  • Buah-buahan serta sayuran juga cukup mutlak untuk mencukupi keperluan gizi serta vit. pada koi.Untuk makanan yang telah jadi ( pelet ) cukup banyak ada di beberapa toko hobist ikan, dari yang bernilai belasan ribu/kg hingga beberapa ratus ribu per/kg.
Yang lebih mutlak lagi yaitu cara pemberian makanan, berikan makan tambah baik sedikit didalam frekuensi yang kerap dari pada jumlah banyak didalam frekuensi sedikit. dikarenakan pada prinsipnya ikan koi tidak mempunyai lambung, hingga meskipun tetap akan diberi makan dapat segera dibuang menjadi kotoran. Dampak overfeeding dapat bikin kolam lantas kotor serta tercemar.Maka perlu diperhatikan juga filter yang sesuai dengan kolam ikan koi anda. Patokan sederhananya jumlah makanan koi yaitu yang dapat dihabiskan oleh koi kurun waktu sekitar 2 sampai 5 menit.